logo

Written by Super User on . Hits: 29

“DUA HAKIM PENGADILAN AGAMA DOMPU

DINYATAKAN LULUS UJIAN PIMPINAN PENGADILAN“

foto

Saat Ujian Virtual Berlangsung, Profile Assessment, Wawancara Dengan Psikolog

Dompu I pa-dompu.go.id – Jum'at (26/6/2020), Sebagaimana diketahui bahwa Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan surat Nomor 2035/DJA/KP.04.6/6/2020 tanggal 8 Juni 2020, yang pada pokok surat tersebut akan dilakukan ujian pimpinan untuk menduduki jabatan wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas 1A, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas 1B, dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas 2.

Dua Hakim senior Pengadilan Agama Dompu bernama Huda Lukoni dan Rauffip Daeng Mamala dipanggil dalam surat tersebut untuk menduduki Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas 2, setelah mengikuti seluruh tahapan ujian seleksi secara virtual, dalam ujian fit and proper test dengan materi ujian pemahaman Hukum Acara Peradilan Agama, Ekonomi Syariah, Jinayat, Hukum Waris, Hukum Perkawinan, Manajemen Peradilan, Visi Misi Badilag, Sistem Merit dalam karir sesuai undang-undang ASN, Baca Kitab Kuning, dan materi-materi lainnya, sementara pada 3 (tiga) hari terakhir peserta diuji dalam assessment oleh PPSDM dengan materi psikologi pemimpin, visi misi pribadi jika jadi pemimpin, rekam jejak pribadi selama menjadi aparatut pengadilan, problem solving, analisis kuantitatif, dan beberapa materi lainnya, 2 (dua) hakim tersebut akhirnya menuntaskan ujian tersebut dengan baik.

Saat yang ditunggu-tunggu pun datang, di mana pada malam Jum’at 25 Juni 2020 di saat beberapa pegawai Pengadilan Agama Dompu melaksanakan rutinitas Yasinan Malam Jum’at, bersamaan dengan itu surat kelulusan diumumkan oleh Direktorat Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI melalui suratnya nomor 2261/DjA/KP.04.6/6/2020, tanggal 25 Juni 2020 yang di publish di website https://badilag.mahkamahagung.go.id, 2 (dua) hakim Pengadilan Agama Dompu Huda Lukoni dan Rauffip Daeng Mamala dinyatakan lulus dalam Profile Assessment dan Fit and Proper Test Tahap II Calon Pimpinan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Kelas 2 Tahun 2020.

“Saya sangat bersyukur dan senang atas kelulusan ini, semoga membawa keberkahan bagi saya dan keluarga, keberhasilan ini mustahil terwujud tanpa doa para guru, para sahabat, keluarga, dan doa keluarga besar Pengadilan Agama Dompu” ujar Huda Lukoni, Hakim asal Banyuwangi Jawa Timur, alumnus Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng ini selanjutnya memohon didoakan agar senantiasa amanah dalam memikul tanggungjawab yang luar biasa berat. Senada dengan Huda, Rauffip Daeng Mamala, Hakim asal Alor Nusa Tenggara Timur, yang basehomenya di Lombok Barat ini mengaku bahwa dalam Profile Assessment dan Fit and Proper Test ini sangat berat, “Saingannya semua hebat-hebat dan menguasai semua materi, saya juga sangat antusias, membaca undang-undang dan peraturan, hukum acara, kebijakan Mahkamah Agung RI dan Dirjen Badilag. Alhamdulillah hasilnya positif”, ujar Daeng panggilan akrabnya.

Atas pencapaian 2 (dua) hakim tersebut, Ketua Pengadilan Agama Dompu, Drs. H.Muhiddin, M.H., mengucapkan selamat dan menyatakan turut bangga. “Atas nama pribadi dan Keluarga Besar Pengadilan Agama Dompu, saya mengucapkan selamat atas kelulusan dua hakim senior kita dalam seleksi calon pimpinan pengadilan kelas 2. Ini sesuatu yang membanggakan karena tidak semua ikut tes ini bisa lulus. Sekali lagi selamat dan sebagai Pimpinan, saya turut bangga”, ujar pria nomor wahid di PA Dompu tersebut.

Saat ini kedua hakim yang dinyatakan lulus tersebut bersama ratusan peserta lainnya sedang menunggu pengumuman penempatan tugas baru sebagai pimpinan Pengadilan Agama Kelas 2 di berbagai wilayah di Nusantara. Teriring doa semoga Allah Swt senantiasa memberikan perlindungan, taufik, dan keberkahan kepada kedua duta terbaik Pengadilan Agama Dompu tersebut. (Yadin)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

 

PENGADILAN AGAMA DOMPU

Jalan Sonokeling No. 5, Kareke, Kabupaten Dompu, NTB

Telp/Fax: 0373 - 21136, 22608

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.