logo

Written by Super User on . Hits: 136

Catat! Rahasia Sukses Bupati Dompu AKJ: Cukup Satu Isteri dan Setialah!

(Cerita Hikmah di Balik Silaturahim dengan Ketua Pengadilan Agama Dompu)

332.jpg 

Bupati Dompu, A. Kader Jaelani bersama Isteri, Lilis Suryani, saat menghadiri acara pelantikan TP-PKK se-NTB di Gedung Graha Bhakti Praja, Kantor Gubernur NTB.

(Gambar diambil dari @TopikBidom)

 

Dompu I pa-dompu.go.id

Angka perceraian di Kabupaten Dompu cukup tinggi. Dan trennya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tercatat sejumlah 865 perkara cerai diajukan ke Pengadilan Agama, 876 perkara pada tahun 2018, 878 perkara pada tahun 2019, 957 perkara pada tahun 2020, dan 657 perkara pada tahun 2021 (per tanggal 13 Agustus 2021). Mayoritas gugatan atau permohonan cerai yang diajukan tersebut dikabulkan oleh Pengadilan. Salah satu penyebab perceraian yang dominan adalah pihak suami menikah atau punya pacar lagi.

Sikap menarik muncul dari Bupati Dompu A. Kader Jaelani (AKJ). Bupati yang dilantik pada tanggal 26 Februari 2021 lalu itu, mengindetifaksi dirinya sebagai laki-laki pecinta keluarga (family man) dan anti perceraian. Anti perceraian maksudnya sekuat tenaga menghindari perceraian. “Sebagaimana diajarkan oleh agama bahwa perceraian itu sesuatu yang halal, namun dibenci oleh Allah”, papar Bupati mengutip Hadits Nabi. Ia menegaskan rumah tangganya tidaklah tanpa masalah. Ia dan Isterinya sempat mengalami gonjang-ganjing, bahkan perkawinannya hampir kandas. Namun, Bupati berdarah Arab yang baru berusia 45 tahun tersebut terbukti berhasil merawat perkawinannya dengan baik hingga saat ini. Ia meyakinkan Isterinya bahwa ia akan selalu setia; tidak akan menceraikan isteri dan juga tidak akan berpoligami.

Sikapnya itu bukan tanpa dasar. Menurutnya, tidak ada urgensinya beristeri lebih dari satu. “Toh, semua perempuan sama saja kan? Jadi tidak perlu ada pikiran untuk menambah isteri atau berperilaku tidak setia”. Perceraian juga, menurutnya, akan jadi sesuatu membawa dampak negatif terutama bagi anak. Jika pasutri bercerai lalu masing-masing menikah lagi dengan orang lain, dan itu umum terjadi, anak akan dihadapkan pada ayah dan/atau ibu tiri. Hal demikian sebaiknya dihindari oleh orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara sehat fisik dan psikis.

Bupati yang dikenal supel dan tidak memandang strata sosial dalam bergaul tersebut juga menyampaikan dampak positif dari sikapnya. “Saya merasakan bahwa dengan setia kepada isteri dan mencintai keluarga dengan tanpa syarat, rezeki saya semakin lancar, usaha dan karir saya semakin sukses, dan hati saya lebih tenang”, jelasnya. “Jadi, pesan saya jika ingin sukses, cukupkan diri dengan satu isteri, bahagiakan isterimu, dan setialah!”, pesannya sembari melempar senyuman khasnya.

IMG-20210812-WA0019.jpg IMG-20210812-WA0022.jpg

Kunjungan silaturahim Ketua Pengadadilan Agama Dompu, Ihyaddin, S.Ag., M.H., beserta rombongan ke Bupati Dompu, A. Kader Jaelani.

Cerita dan pesan tersebut disampaikan Bupati saat menerima kunjungan silaturahim Ketua Pengadilan Agama Dompu, Ihyaddin Said, S.Ag., M.H. pada Kamis (12/8). Ketua PA Dompu berkunjung ke Bupati, selain untuk perkenalan dan silaturahim, juga bertujuan untuk penguatan sinergi dan kolaborasi pelayanan publik. (Baca berita terkait: https://www.pa-dompu.go.id/publikasi-transparansi-peradilan/berita/434-kuatkan-sinergi-dan-kolaborasi-pelayanan-publik-ketua-pengadilan-agama-dompu-kunjung-silaturahim-ke-bupati-dompu). Ketua PA Dompu didampingi rombongan diterima Bupati setelah sholat Dzuhur hingga sore hari di ruang kerjanya di dalam gedung paruga parenta (gedung pemerintah) Kabupaten Dompu.

Selain setia dan mencintai keluarga, kunci sukses Bupati AKJ lainnya adalah kegemarannya berderma. Menurutnya, sebelum menjabat Bupati, praktis hampir seluruh penghasilannya sebagai kontraktor tidak ia bawa pulang ke rumah. Pundi-pundi yang diraihnya ia habiskan dengan membagi-bagikannya kepada kawan dan orang lain yang diketahuinya membutuhkan bantuan. Salah satu pendukung sikapnya yang dermawan tersebut adalah karena Isterinya juga seorang pengusaha sukses. Sehingga kebutuhan rumah tangga selalu bisa terpenuhi bahkan berlebih.

IMG-20210815-WA0009.jpg

Beberapa bingkai foto Bupati Dompu, dan Isteri.

Bupati AKJ menikah dengan gadis pujaan hatinya, Lilis Suryani, pada tahun 2002. Dan dari pernikahannya tersebut ia dikaruniai 3 (tiga) putri yakni Syarifah Silfa Azizah Barakawan, Syarifah Nabila Barakawan, dan Syarifah Aisyah Barakawan.

Menyikapi maraknya perceraian di wilayahnya, Pria pecinta kuda pacuan itu menyatakan akan mengambil langkah-langkah preventif sesuai kemampuan dan kewenangannya. Ia bahkan menyatakan, jika dibutuhkan, dirinya bersedia untuk diminta membantu mediator dalam mediasi di Pengadilan Agama.

Sungguh hikmah dan pelajaran berharga, Pak Bupati!

[Humas PA Dompu I Red: Aris, Rick. Foto: Yadin]

Kartu Ucapan

Hubungi Kami

 

PENGADILAN AGAMA DOMPU

Jalan Sonokling No. 5, Bada Kabupaten Dompu, NTB

Telp/Fax: 0373 - 21136, 22608

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.